Page Home

Link Berita

CHAMPEON 2011 BIREUEN UNITED

Selasa, 08 November 2011

‘Timnas’ Aceh Jajal Dua Tim

* Timnas U-19 Indonesia dan Malaysia
* Pertandingan Segitiga di Lhong Raya
"TimNas" Aceh
ASUNCION - Skuadra Aceh yang berlatih di Paraguay direncanakan menjajal kekuatan Timnas U-19 Indonesia dan Malaysia dalam pertandingan segitiga di Stadion Harapan Bangsa Lhong Raya, Banda Aceh, 18-20 November ini. Demikian laporan Wartawan Serambi, Imran Thaib dari Asuncion, Paraguay, Senin (7/11) pagi.

“Seperti keinginan Gubernur Irwandi, kalau akhir dari program latihan di negeri latin agar anak-anak Aceh harus bertanding melawan Timnas Indonesia dan Malaysia. Boleh dibilang, inilah kesempatan pertama dari Rahmad Maulana dkk untuk unjuk kebolehan di depan publik sendiri. Hal ini tak lepas dari keinginan publik sepakbola Aceh yang juga ingin menyaksikan ‘Timnas Aceh’,” ungkap Kasubdin Olahraga Dispora Aceh, Nuzuli Ibrahim kepada Serambi, Senin (7/11).

Untuk Timnas U-19 Indonesia, Nuzuli mengakui, pihaknya sudah bertemu langsung dengan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Trie Goestoro. Dalam pertemuan itu, sebutnya, Pemerintah Aceh menyerahkan undangan bagi Timnas Indonesia guna berpartisipasi dalam turnamen segitiga itu. Atas permintaan resmi itu, lanjut Nuzuli, Tri Goestoro menyambut baik keinginan Pemerintah Aceh dan dia berjanji akan mempertimbangkan permintaan itu.

Bahkan, kata Nuzuli lagi, mantan manajer Manstrans Bandung Raya (MBR) itu secara terbuka mengatakan kemungkinan skuad yang dikirim ke Aceh tak lain Timnas U-19 setelah mereka bertanding dalam Kejuaraan Asia di Stadion Shah Alam, Bukit Jalil, Malaysia. Hanya saja, PSSI memberi persyaratan kepada panitia untuk membayar biaya transportasi dan akomodasi selama bertanding di Aceh. “Pada prinsipnya kita menyanggupi permintaan dari PSSI,” ungkap Nuzuli.

Sedangkan tim Malaysia, Nuzuli mengatakan, pihaknya secara resmi telah mengirim undangan kepada Sports School Tungku Mahkota Bandar Penawa, Johor Bahru, Malaysia guna ambil bagian dalam pertandingan segitiga di Aceh. Namun, kini masih ditunggu konfirmasi terakhir mengingat sejumlah pilar dari Johor Bahru itu dipanggil membela Timnas U-23 dalam SEA Games di Jakarta dan Palembang. Sehingga, pihak Sports School Mahkota Bandar Penawa masih mempertimbangkan keikutsertaannya dalam ajang itu.

Pun begitu, tambah Nuzuli, kalau skuadra Sports School Bandar Penawa batal terjun langsung kemungkinan mereka akan mencari tim sepadan yang bisa menggantikan mereka. “Hingga kini kita terus melakukan kontak dengan mereka terkait dengan kejuaraan ini,” demikian Nuzuli Ibrahim.

Seperti diketahui, Pemerintah Aceh memiliki program mengirim pemain remaja ke Paraguay untuk menimba ilmu selama tiga tahun dimulai 2008 hingga 2011. Dari 30 orang, 18 remaja Aceh ini mendapat kesempatan magang di klub-klub Paraguay seperti Fernando Delamorra, Cerro Portenye, Atlantida, 12 bc Oceuber, serta 1 de Marzo. Mereka diikutkan dalam persaingan kompetisi di level U-18. Kecuali itu, mereka juga sukses menembus line-up di tiap klub yang dibela.

Jujur saja, turnamen segitiga di pertengahan November ini menjadi ujian sesungguhnya Zikri Akbar dkk di depan publik Aceh. Bukan rahasia lagi, kalau masyarakat Tanah Rencong ingin menonton kemampuan dan skill pemain remaja ini. Bisa jadi, ini menjadi bukti apakah program latihan selama tiga tahun itu berlangsung sukses ataupun gagal. Untuk itu, Andria cs perlu kerja keras dalam turnamen ini.(*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Team Liga Aceh

Team Liga Aceh
Aceh di Final Arafura Games