Page Home

Link Berita

CHAMPEON 2011 BIREUEN UNITED

Jumat, 19 Agustus 2011

Timnas U-19 Tantang Pra PON Sumut

Team Arafura Games saat berada di Darwin

Ozi Teguh harus kecewa karena gagal berangkat ke Myanmar.

ligaaceh.blogspot.com | Skuad tim nasional Indonesia untuk Piala AFF U-19 menggelar serangkaian uji coba di Medan. Ini dilakukan untuk memantapan persiapan tim yang akan berlaga di Myanmar 8 hingga 21 September 2011 mendatang.

Ada tiga tim yang sudah digadang menjadi lawan sepadan, yakni Pra PON Sumut yang dilaksanakan Jumat (19/8), kemudian melawan PSMS Muda Sabtu (20/8) dan Tim Thamrin Graha Metropolitan pada Senin (22/8) di Stadion Teladan. Ini merupakan uji coba perdana setelah tim besutan Zulkifli Alfat ini melakukan latihan  dan seleksi pemain tambahan di Banda Aceh.

Manajer timnas U-19, Kennedy, dalam konferensi pers, Kamis (18/7) malam WIB di Hotel Garuda Plaza, mengatakan uji coba atau tur ke Medan dilaksanakan karena timnya kesulitan mencari lawan tanding di Aceh. “Selama Bulan Ramadhan di Aceh, kita sulit cari lawan tanding. Karena itu, kita ke Medan. Tadinya hanya ada dua lawan yang menjadi agenda kita, tapi kemudian ada tawaran dari klub TGM (Thamrin Graha Metropolitan),” ujarnya.

Kennedy mengungkapkan, usai menjalani ujicoba di Medan, timnas U-19 bakal kembali ke Aceh dan langsung berangkat ke Bandung dan Jakarta. “Kita akan balik ke Aceh lalu langsung ke Bandung untuk menjalani uji coba menghadapi PSAD dan tanggal 5 September kita akan hadapi timnas U-23,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, uji coba di Medan akan menjadi tolak ukur kesiapan timnas  untuk Piala AFF. “Dari uji coba ini, kita bisa tahu kelemahan kita. Apalagi lawan-lawan (Laos, Brunei, Kamboja) di turnamen nanti cukup berat, terutama tuan rumah Myanmar. Target kita bisa empat besar” timpalnya.<script type="text/javascript" src="http://ad.doubleclick.net/adj/gna.id/level2;tile=3;sz=160x600;ord=766586?area=2l&pos=2&ord=766586"></script>

Skuad timnas U-19 membawa 22 pemain yang didominasi pemain Tim Aceh yang juara di Australia plus pemain tambahan dari hasil seleksi termasuk pemain dari Medan. Namun, sayangnya, salah satu pemain PSMS Muda yang lolos seleksi yakni, Ozi Teguh harus menelan pil pahit karena gagal berangkat ke Myanmar karena usianya lebih dua bulan saat even berlangsung. “Ya seorang pemain asal Medan, tidak bisa kita bawa ke Myanmar. Karena usianya sudah kelewatan dua bulan dari maksimal 19 tahun usia pemain. Peraturannya jangankan dua bulan, satu hari saja lewat tidak boleh,” tegasnya.

Ozi sejatinya ikut didaftarkan bersama 22 pemain lainnya. “Sudah sempat terdaftar. Memang terlambat ketahuan karena yang bersangkutan kan belum punya KTP. Kita hanya mengecek dari fotokopi formulir yang diserahkan saat seleksi,” ujarnya.

Pelatih timnas U-19, Zulkifli Alfat menambahkan, lewat uji coba ini, dia ingin melakukan evaluasi terhadap timnya. “Selama ini kita banyak berujicoba dengan tim yang usianya di atas. Seperti tim Pra PON besok, saya berharap minimal anak-anak dapat mengimbangi. Tapi bukan hasilnya yang utama, karena kita ingin melihat kekompakan pemain di lapangan,” paparnya.

Sementara itu, pelatih kepala PSMS Muda Roekinoy menambahkan, pertandingan melawan PSSI U-19 sejatinya akan dilaksanakan Jumat, namun timnya kemudian mendapatkan giliran Sabtu. Pria yang akrab disapa Kinoy ini tak mempersoalkan mundurnya jadwal tersebut. Baginya, agenda ini merupakan hal berharga buat timnya, terlebih setelah pemain dari PSMS Muda dinyatakan lolos seleksi dan masuk dalam Timnas PSSI U-19.

Mantan asisten pelatih PON Sumut tahun 2004 ini bahkan sudah memantau bakal lawannya tersebut di Stadion Teladan, Kamis sore. “Pertandingan uji coba ini sangat penting buat kami, untuk menguji mental para pemain kami (PSMS Muda),” pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Team Liga Aceh

Team Liga Aceh
Aceh di Final Arafura Games